1001 Drag Racing Facts: The Golden Age of Top Fuel, Funny Cars, Door Slammers & More

1001 Drag Racing Facts: The Golden Age of Top Fuel, Funny Cars, Door Slammers & More

Bahasa lain Sebutkan beberapa contoh kegiatan yang berkaitan dengan gaya dapat mempengaruhi arah gerak benda​

Sebutkan beberapa contoh kegiatan yang berkaitan dengan gaya dapat mempengaruhi arah gerak benda​ Membuka/menutup pintu (Gaya Dorong)
Bermain Jungkat Jungkit

Jawaban:

Contoh bahwa gaya dapat mengubah arah benda dapat dilihat dari beberapa kejadian berikut : pemain kasti yang memukul bola kasti, pemain bola yang menyundul bola, dan angin yang bertiup mengubah arah gerak perahu layar.

Penjelasan:

Gaya didefinisikan sebagai tarikan atau dorongan. Gaya ada dua macam, yaitu gaya sentuh (seperti mendorong mobil, menarik tali), ataupun gaya tak sentuh (seperti gaya magnet yang menarik logam). Dengan mendorong atau menarik benda, kita dapat mengubah arah gerak benda. Contoh dari hal ini diantaranya:

Pemain kasti yang memukul bola kasti. Saat pemain kasti memukul bola kasti yang dilemparkan padanya, yang ia lakukan sebenarnya adalah memberi gaya dorong pada bola kasti sehingga bola tersebut terpental balik ke arah lain.

Pemain bola yang menyundul bola. Dalam permainan sepak bola, seringkali kita lihat seoran penyerang yang menyundul bola umpan kawannya. Yang dilakukan pemain tersebut adalah mendorong bola dengan kepalanya, sehingga bola berubah arah jadi mengarah ke gawang lawan.

Angin bertiup mengubah arah perahu layar. Seperti yang kita tahu, perahu layar memanfaatkan dorongan dari hembusan angin untuk mendorong perahunya. Arah perahu bisa berubah saat arah tiupan angin juga berubah