1001 Drag Racing Facts: The Golden Age of Top Fuel, Funny Cars, Door Slammers & More

1001 Drag Racing Facts: The Golden Age of Top Fuel, Funny Cars, Door Slammers & More

Sejarah Bagaimana kehidupan ekonomi kesultanan mataram dan apa alasannya

Bagaimana kehidupan ekonomi kesultanan mataram dan apa alasannya

Berikut ini adalah ulasan mengenai kehidupan ekonomi Kesultanan Mataram berserta alasan dibalik kesuksesan ekonomi yang dicapai oleh Kesultanan Mataram.

Letak geografis dari Kesultanan Mataram yang berada di pedalaman dan didukung dengan tanah yang subur, menjadikan Kerajaan Mataram sebagai daerah pertanian yang cukup berkembang, hal tersebut menjadikan Kesultanan Mataram sebagai pengekspor beras terbesar pada masa itu.

Selain itu, masyarakat Mataram juga melakukan aktivitas perdagangan di laut. Sehingga dapat dilihat dari adanya penguasaan di daerah-daerah pelabuhan di sepanjang pantai Utara Jawa. Perpaduan dari agraris dan maritim mampu menjadikan Kesultanan Mataram kuat dalam percaturan ekonomi di nusantara.

Pembahasan:

Kesultanan Mataram merupakan salah satu kerajaan bercorak Islam terbesar dalam sejarah Nusantara yang berdiri di Jawa. Panembahan Senapati yang merupakan pendiri dari Kesultana Mataram, yang kemudian menobatkan dirinya sebagai Sultan pertama yang bergelar Senapati Ing Alaga Sayidin Panatagama pada sekitar tahun 1587-1601.

Lokasi Kesultanan Mataram merupakan bagian dari Kesultanan Pajang yang melanjutkan garis penerus Kesultanan Demak sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Kejayaan Kesultanan Mataram dapat disimak di https://brainly.co.id/tugas/10425349

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]